Laman

Senin, 27 Juni 2011

Sepatu Berhak Tinggi Ala Borjuis

Sekilas memang sudah menjadi kewajaran zaman jika ada seorang cewek ingin tampil ayu dan feminim. Ada-ada saja cara yang dilakukan biar tampil cantik. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kuku kaki di-care abis Cuma buat biar dapet gelar “cewek sexy”. So, nggak ngagetin kalo sepatu pun jadi ikut-ikutan di desain biar nambah kesan sexy pemakainya. Memang bisa?




Sepatu high heel = sepatu sexy


            Perlu kamu tahu kalo high heel itu identik dengan sepatu berhak tinggi. Nggak tanggung-tanggun, ada yang tinggi hak-nya melebihi 15cm lho!. Saking tingginya, kalo buat jalan jadi sulit and butuh tenaga ekstra. Imbasnya lagi, cara jalan pun jadi harus lenggak-lenggok kayak peragawati di catwalk. Kalo sudah begini, ke-sexy-an wanita pun katanya semakin tampak. Naudzubillah min dzalik.
            Selain dari sisi itu, ada juga yang beranggapan kalo ke-sexy-an high heel bisa dilihat dari designnya. Maksudnya? Desaign sepatu high heel biasanya dibuat terbuka dan dilengkapi dengan tali-tali sebagai pengikatnya. Alhasil, keindahan dan kemulusan kulit kaki seorang cewek pun dapat terlihat dengan sempurna. 


Bikin sakit

            Oke sobat, sekarang kita lihat high heel dari sisi kesehatan. Lho kenapa? Usut punya usut, sepatu high heel ini menimbulkan masalah kesehatan juga lho. Paling ringan bikin nyeri dan pegel-pegel di bagian kaki, sedangkan yang paling parah bisa bikin kamu susah hamil. What? Susah hamil?? Sekilas memang nggak ada kaitannya antara sepatu high heel dengan kehamilan, tapi jika mau lebih teliti, high heel itu memang bikin sulit hamil kok. David Moy, seorang ahli kesehatan dan kebugaran juga menerangkan hal ini. Menurut Moy, seorang cewek yang mengenakan sepatu hak tinggi, otomatis berat tubuhnya bertumpu pada jemari kaki. Posisi ini tentu membuat posisi tubuh jadi gak seimbang sehingga panggul harus condong kea rah ujung kaki. Kalo posisi ini dibiasakan maka perut tertekan ke depan dan rahim pun mengalami perubahan posisi. Nah, kalo sudah begini, hamil pun jadi susah deh!

Korban Mode Barat

            Disadari atau enggak, cewek yang suka pakai high heel itu termasuk kelompok korban mode. Meskipun yang berlabel artis sekalipun. Banyak diantara mereka yang mati-matian nahan rasa sakit akibat high heel Cuma biar dikatakan cantik and sexy. Ini kan jelas model-model barat banget!
            Kalo kita mau merunut lagi, high heel ini konon dipopulerkan oleh para wanita yahudi lho. Para wanita yahudi tersebut suka memakai high heel saat berada di tempat umum atau ibadah. Saat pesta dansa, high heel juga menjadi sepatu favorit para wanita kufar! Budaya ini kemudian meluas hingga dunia kaum muslimin. Banyak diantara kaum muslimin yang nggak tahu dan nggak mau paham sehingga menyamakan high heel dengan sepatu lainnya. Alhasil banyak cewek yang memakai ‘kerudung imut’ dan ‘high heel’.

Budaya Islam Kah?

Emang bener, Islam menyukai keindahan. Emang bener juga Nabi صلى ا لله عليه وسلم pernah bersabda, “sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai keindahan.”(Riwayat….) tapi keindahan yang gimana??
Kudu diingat-ingat keindahan di sini tentunya nggak melampaui batasan syariat,  bukan keindahan dari sudut pandang seni ato yang lain. Sebab kalo demikian, kebanyakan orang akan mengatasnamakan seni untuk melegalkan sesuatu (termasuk yang haram menurut syariat).
Meski secara kaidah fikih, hukum asal memakai pakaian adalah boleh selama nggak ada dalil yang melarang. Memang, hokum memakai high heel tidak ada larangan dalam syariat, tapiiii bisa kita tinjau dari sisi lain. Seperti yang telah disebutkan bahwa high heel pada asalnya menjadi kebiasaan orang-orang non-muslim(yahudi) padahal dalam sabdanya Rasulullah صلى ا لله عليه وسلم menyatakan, “Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk dalam kaum itu (Riwayat Abu Daud 4/44). Otomatis yang ngikut kebiasaan non muslim kayak gini bisa dikategorikan kelompok mereka. Belum lagi ditambah dengan efek negative yang ditimbulkan karena memakai high heel, menjadikan lebih nggak bolehnya memakai sandal ala barat ini.
Setelah tahu high heel lebih jauh, tentu nggak ada lagi yg kepingin pake sepatu aneh ini kan? Mending pakai sandal biasa aja dech, selain lebih murah, tentu aman bagi kesehatan dan jauh dari siksa Neraka.

Sumber:
Addin. 2009. Sepatu Berhak Tinggi ala Borjuis. (Elfata edisi 06 vol.09).

3 komentar:

  1. begitu luasnya islam, sehingga dalam permasalahan pakaian islam telah mengaturnya, maka sepatutnya kita tidak mengenakan pakaian ala kaum jahiliyah dan kaum non islam

    nice..
    keep posting

    BalasHapus
  2. nice post neng :)

    BalasHapus
  3. Tima aksih Atas pencerahannya..
    kalau memakai kaos kaki muslimah boleh kan..
    Salam sukses

    BalasHapus

Mohon untuk memberikan komentar yang sesuai dengan tema postingan.. dilarang keras untuk menggunakan kata-kata kasar,