Laman

Kamis, 11 Agustus 2011

Kisah Qishash Antara 2 Kambing



Dari Abu Dzar radhiallahu ‘anhu bahwasanya suatu hari ketika Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam sedang duduk. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat ada dua kambing bertemu dan salah satu dari keduanya saling menanduk yang lainnya sehingga dapat mengalahkannya. Perawi berkata, lalu Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam pun tertawa. Maka dikatakan kepadanya, “Wahai Rasulullah apa yang menyebabkanmu tertawa?”


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Saya kagum dengan kambing itu. Demi jiwaku yang berada di tangan-Nya, sungguh kambing itu akan digiring pada Hari Kiamat.” (Musnad Ahmad (5/173))

Dalam riwayat Imam Muslim, dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

Pada Hari Kiamat semua hak akan diberikan kepada ahlinya sehingga kambing yang bertanduk pun akan dituntun untuk menuju kambing yang kurus (untuk membalaskan perbuatan kambing bertanduk yang menanduk kambing kurus ketika di dunia).” (HR. Muslim, pasal tentang al-Birr wa ash-Shilah wa al-Adab, bab: Haram berbuat sewenang-wenang, (2582)

 --------*********************************************************************----------
*) Dikutip dari buku “Bercanda Bersama Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam” (edisi terjemahan Dhahikun Nabi shallallahu `alaihi wa sallam wa Tabassumuhu wa Muzahuhu oleh Ridhwanullah ar-Riyadhi) 1426/2005, Penerbit Darul Haq, Jakarta. Dengan perubahan seperlunya oleh www.muslimah.or.id

sumber: http://muslimah.or.id/aqidah/qishash-antara-dua-kambing.html

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk memberikan komentar yang sesuai dengan tema postingan.. dilarang keras untuk menggunakan kata-kata kasar,